Bagaimana Pengaruh Perkembangan Moral Terhadap Perkembangan Anak Dalam Belajar
Bagaimana Pengaruh Perkembangan Moral Terhadap Perkembangan Anak Dalam Belajar. Moral itu berkembang karena hidup dalam masyarakat , dan moralpun dapat berubah karena kondisi sosial. Dalam pengaruh lingkungan so s ial tidak dapat menjamin peserta didik untuk bisa mengembangkan minat dan bakat yang harus di milikinya karena fa k tor nonsosial mempunyai pengaaruh yang kuat.
Kemudian, begitu anak bertambah besar, ia juga harus tahu alasan mengapa sesuatu dianggap benar sementara lain tidak. Perkembangan moral anak banyak mengalami perubahan disebabkan oleh lingkungan dan cara orang tua atau pendidik dalam mendidiknya. Pada masa usia sebelum 9 tahun anak cenderung pada prakonvensional.
Dalam pengaruh lingkungan so s ial tidak dapat menjamin peserta didik untuk bisa mengembangkan minat dan bakat yang harus di milikinya karena fa k tor nonsosial mempunyai pengaaruh yang kuat.
Oleh karena itu, diperlukan dorongan dari orang tua atau guru dengan mengajarkan moral yang baik pada anak melalui pemberian contoh atau teladan yang baik. Moral itu berkembang karena hidup dalam masyarakat , dan moralpun dapat berubah karena kondisi sosial. Menjadi besar, luas, dan banyak serta menjadi bertambah sempurna dalam hal kepribadian, pikiran, pengetahuan, dan sebagainya.
Pertumbuhan sendiri ( growth) berarti tahapan peningkatan sesuatau dalam hal jumlah, ukuran, dan arti pentingnya.
Dengan demikian, istilah “berkembang” atau perkembangan bersifat abstrak dan konkret. Banyaknya tulisan dan gambar yang tidak mengindahkan dasar moral. Ini tidak berarti orangtua merupakan faktor penentu bermoral atau tidaknya seorang anak, tetapi orangtua bertugas untuk mengarahkan anak untuk menjadi anak yang bermoral atau tidak.
Makalah pengaruh lingkungan terhadap perkembangan anak oleh :
Yang berarti mekar terbuka atau membentang; Kelompok i husnunnisa abbas nurhaeni fatmawati a.tamriani ayu nurlinda devi awaliah riska awaliah muhammad ikram politeknik kesehatan kemenkes makassar prodi kepereawatan parepare tahun akademik 2014/2015 kata. Tidak terlaksananya pendidikan moral yang baik.
(2) terdapat sejumlah tahap pertimbangan moral yang sesuai dengan piaget;
Lingkungan nonsosial yang kurang baik membuat anak malas dalam proses belajar sehingga kecenderungan peserta didik hanya diam dan mendengarkan apa. Moral merupakan seperangkat aturan yang menyangkut baik atau buruk, pantas atau tidak pantas, benar atau salah yang harus dilakukan atau yang harus dihindari dalam menjalankan hidup. Perkembangan moral pada anak.untuk mengevaluasi efek dari kekerasan pada perkembangan moral, berdasarkan tinjauan literatur ini memiliki dua tujuan.
Perkembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini sendiri sangat dipengaruhi oleh
Proses perkembangan dan hubungannya dengan proses belajar a. Selain lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan juga menjadi sarana yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan moral peserta didik. (3) penelitiannya membenarkan gagasan piaget, bahwa sekitar usia 16 tahun, pada masa remaja.
0 Response to "Bagaimana Pengaruh Perkembangan Moral Terhadap Perkembangan Anak Dalam Belajar"
Post a Comment